Tuesday, May 21, 2013

Pentingnya Nomor Seri Produk


Nomor seri produk (product serial number) adalah nomor unik yang menandai setiap produk. Artinya unik adalah tidak bakal ada nomor yang kembar (kecuali ada pemalsuan nomor). Tidak setiap produk memiliki nomor seri. Biasanya hanya produk yang nilainya mahal (material) yang diberi nomor seri. Contoh produk yang memiliki nomor seri adalah sebagai berikut.

1.       Komputer.
2.       Kamera.
3.       Televisi.
4.       Printer.

Dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, apakah seorang programer perlu memperhitungkan nomor seri ini? Menurut penulis, ya, nomor seri perlu direkam. Lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut ini.
Gardian Photo menjual kamera ke pelanggan. Kamera yang dijual disertai dengan satu tahun garansi pabrik dan tambahan satu tahun untuk garansi servis dari toko. Gardian Photo memberikan ekstra garansi (berupa servis gratis untuk tahun kedua) dengan harapan garansi ekstra ini dapat menjadi pemicu untuk mendongkrak penjualan kamera Gardian.

Artinya garansi toko adalah, jika kamera yang Gardian jual ada yang rusak, maka Gardian Photo akan bertanggung jawab untuk memperbaiki kamera tersebut. Yang menjadi masalah, kamera tersebut tidak hanya dijual melalui Gardian Photo. Toko lain juga boleh menjual kamera dengan merk yang sama persis. Pertanyaan lanjutnya adalah, bagaimana Gardian bisa tahu bahwa kamera rusak yang dikembalikan ke Gardian Photo adalah kamera yang memang dijual oleh Gardian Photo? Bagaimana jika konsumen yang membeli kamera dari toko lain juga mencoba ikut menikmati garansi ekstra yang ditawarkan Gardian Photo?

Dalam hal ini, nomor seri kamera yang unik dapat menjadi alat bantu yang andal. Gardian Photo harus merekam nomor seri kamera yang dijual dalam database. Dengan demikian, setiap kamera rusak yang dikembalikan ke Gardian Photo dapat dicek terlebih dahulu, apakah kamera ini dulu dibeli dari Gardian Photo atau tidak.


No comments: