Friday, June 7, 2013

ACL Audit Command Language

ACL merupakan salah satu software audit yang dapat dipakai oleh akuntan untuk mengaudit database perusahaan. ACL merupakan piranti lunak audit yang powerfull, Mengapa?

1. ACL memiliki ragam fungsi yang dapat mempermudah proses audit, seperti Sum, Count, Duplicate, Gap, Stratified, Join, Sampling, Filter, dan lain sebagainya.
2. ACL menyediakan log atas setiap aktivitas yang kita lakukan, fungsi apa yang kita jalankan dan bagaimana hasil dari running fungsi tersebut. Jadi, log ini dapat sekaligus menjadi kertas kerja audit. (as a note, Auditor tidak boleh bekerja tanpa membuat kertas kerja).

As a fact, di Indonesia banyak kantor akuntan menengah dan kecil yang tidak menggunakan ACL sebagai alat bantu audit. Mereka memanfaatkan Excel sebagai tools (yang juga memang powerfull dan andal). Excel juga memiliki ragam fungsi seperti Sum, Count, Stratified, Filter dan lain sebagainya. So, apa keunggulan ACL dibandingkan Excel ....

Berikut disajikan apa keunggulan Excel dibandingkan ACL sebagai tools audit.

1. Data dalam ACL hanya bisa dioleh tetapi tidak bisa dirubah sama sekali. Jadi, ini membantu auditor untuk memastikan tidak ada data (yang tidak sengaja) terubah pada saat auditor melakukan banyak analisis dan manjalankan berbagai fungsi. Sementara data di sel Excel dapat terubah ........ tanpa sengaja.

2. Jumlah maksimal baris yang dapat direkam dalam satu sheet Excel terbatas ........... (ada 1048576 untuk excel 2007). Untuk perusahaan kecil, jumlah baris tersebut sudah jauh dari memadai. Total baris transaksi perusahaan kecil ada yang hanya 12.000 baris selama setahun. Jadi, satu juta baris yang disediakan 'excel jah dari cukup. Hanya saja, memang ada perusahaan besar yang dalam satu bulan saja,  baris transaksi penjualan bisa lebih dari 1.000.000 baris (misalnya perusahaan yang terjun di bidang telekomunikasi atau perbsnksn). Thus, tentu saja, data perusahaan besar semacam ini tidak akan dapat dianalisis menggunakan Excel.

Jadi, bukan untuk mengatakan Excel buruk :) (sejauh ini, saya ya buanyak sekali menggunakan Excel). Hanya untuk sekadar mengatakan, kapan ACL dapat menjadi tools yang berguna secara efisien .................





No comments: