Friday, November 18, 2011

Generalized Accounting Software dan Generalized Audit Software

Dua istilah dalam judul di atas, tampaknya serupa. Sebenarnya dua istilah tersebut mengacu ke dua jenis software (aplikasi) yang berbeda. Istilah generalized software berarti satu aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang general.

Generalized Accounting Software
Yang pertama, generalized accounting software adalah software atau aplikasi akuntansi yang dirancang untuk (kalau boleh) memenuhi kebutuhan berbagai macam perusahaan. Jadi, bukan aplikasi akuntansi yang customized yang memenuhi kebutuhan satu perusahaan tertentu. Contoh generalized accounting software yang beredar di Indonesia adalah sebagai berikut............



  1. MYOB Accounting (dan varainnya)
  2. Zahir Accounting
  3. Accurate
  4. Bee Accounting
  5. dan mungkin masih banyak lagi yang penulis tidak (belum) tahu

Aplikasi akuntansi yang general paling tidak mampu merekam penjualan tunai maupun kredit, pembelian tunai maupun kredit dan jurnal umum. Jadi, andai satu toko mebel yang selalu menjual mebel secara tunai memilih menggunakan salah satu dari generalized accounting software tersebut, maka menu penjualan kredit tidak akan terpakai (sekalipun fasilitas tersebut akan tetap ada dalam aplikasi akuntansi tersebut). Berbeda jika kita membuat aplikasi akuntansi dengan meminta seorang (satu tim) programer,. maka si programer hanya akan menyediakan menu yang memang relevan dengan bisnis kita. Ini memang menjadi salah satu kelemahan software akuntansi general.

Kelebihan generalized accounting software jika dibandingkan dengan customized accounting software adalah:

  1. Keandalan software sudah teruji, apalagi jika software sudah banyak dipakai di perusahaan lain. Keandalan dalam hal keakuratan data dan informasi yang dihasilkan, serta keandalan dalam arti software tersebut tidak mudah error atau hank.  
  2. Harga yang murah untuk level keandalan yang ditawarkan (terkait dengan skala ekonomis karena pengembang software bisa menjual banyak unit untuk satu jenis software yang sama).
Kelemahan customized accounting software adalah jika bertemu dengan programmer yang belum berpengalaman, maka bisa jadi, si programer membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan software akuntansi yang kita pesan. Lagian, jika programer baru satu dua kali menangani proyek pengembangan sistem akuntansi, bisa jadi aplikasi yang dihasilkan masih butuh banyak debugging dan banyak polesan untuk menjadikan customized accounting software tersebut menjadi aplikasi yang andal dan aman.

Generalized Auditing Software
Generalized auditing software adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu proses audit database. Contoh generalized auditing software yang penulis tahu adalah:
  1. ACL
  2. IDEA
Software ini dirancang untuk memilki kemampuan untuk membaca beragam tipe file (dbf, mdb, text file, termasuk excel). 

1 comment:

hadot said...

seperti yang dinyatakan artikel ini, penggunaan sistem akuntansi apalagi yang berbasis cloud accounting sangat mempermudah perhitungan akuntansi pada masa sekarang ini. perhitungan menggunakan software ini jauh dari human error serta manipulasi, dan juga cepat dan efisien.