Monday, November 21, 2011

Soal Kasus: Pengendalian dalam Siklus Penggajian

Sebuah perusahaan mempekerjakan 50 orang tenaga produksi dan mempunyai prosedur pembayaran gaji sebagai berikut:

Mandor pabrik mewawancara para pelamar dan berdasarkan wawancara tersebut, ditentukan apakah diterima atau ditolak. Ketika seorang pelamar diterima, ia akan mempersiapkan sebuah surat perjanjian kerja. Surat perjanjian kerja tersebut memuat tarif kerja per jam karyawan baru dan memberikan formulir tersebut pada petugas pembayaran gaji sebagai pemberitahuan bahwa pekerja tersebut telah direkrut dan dipekerjakan. Mandor secara verbal memberitahu pada departemen pembayaran gaji bila terjadi penyesuaian tarif.

Pasokan kartu kosong presensi (time card) tersedia di dalam sebuah kotak dekat pintu masuk pabrik. Tiap pekerja mengambil kartu presensi pada hari Senin pagi, mengisikan namanya, dan mencatat dengan pensil pada kartu waktunya jam datang dan pulang kerjanya. Pada akhir minggu, para pekerja menaruh kartu presensinya di kotak dekat pintuk pabrik.

Kartu presensi yang telah selesai diambil pada hari Senin pagi oleh seorang petugas pembayaran gaji. Dua pegawai pembayaran gaji membagi kartu-kartu tersebut secara alfabetik di antara mereka berdua, seorang pegawai dari A sampai dengan L, dan seorang lagi dari M sampai dengan Z. Tiap pegawai pembayaran gaji tersebut bertanggung jawab atas bagiannya masing-masing. Ia akan menghitung gaji kotor, pengurangan, dan gaji bersih; memasukkan rincian tiap karyawan ke dalam record pendapatan; dan menyiapkan dan menomori cek pembayaran gaji. Para karyawan dihapus secara otomatis dari pembayaran gaji bila mereka lupa mengembalikan kartu presensi mereka.

Cek pembayaran gaji ditandatangani secara manual oleh kepala akuntan dan diberikan pada mandor. Mandor kemudian mendistribusikannya pada para karyawan di pabrik dan mengatur pengiriman bagi karyawan yang absen. Rekening bank pembayaran gaji direkonsiliasi oleh kepala akuntan, yang juga menyiapkan beragam laporan pajak pembayaran gaji tiap triwulanan dan tahunan.

Pertanyaan:
  1. Buatlah flowchart untuk kasus di atas.
  2. Tentukan kelemahan dalam proses pengupahan di perusahaan tersebut. 
  3. Untuk setiap kelemahan yang anda sebutkan, sebutkan paling tidak satu rekomendasi untuk mengatasi kelemahan tersebut.

No comments: