Thursday, December 27, 2012

Check Digit

Check Digit merupakan salah satu dari pengendalian aplikasi input. Pengendalian aplikasi input adalah pengendalian pada saat data diinputkan ke dalam aplikasi. Check digit adalah satu digit angka yang digunakan untuk mengecek apakan satu kode (atau nomor seri) yang diinputkan sudah benar.

Silahkan simak contoh berikut ini untuk mengetahui apa itu check digit. Misalkan, kita akan membuat check digit untuk kode rekening tabungan koperasi Harapan Jaya. Kode rekening tabungan koperasi terdiri dari 4 digit angka. Misalkan kode rekening anggota koperasi Suhartini adalah 3376.

Berikut langkah2 untuk membuat check digit.
1. Pertama kita akan menghitung  3 x 5 + 3 x 3 + 7 x 2 + 6 x 1
    Angka berhuruf tebal adalah nomor kode rekening Suhartini.
    Angka berwarna merah adalah pengali (penulis menggunakan deret bilangan prima).
2. Dari hasil hitungan tersebut kita akan mendapatkan angka 44.
3. Hasil hitungan tersebut (yaitu 44) akan dibagi dengan angka 10. 44:10=4 + 4
4. Angka 4 inilah yang disebut dengan check digit.

Angka empat akan ditambahkan ke kode rekening Suhartini, sehingga kode rekening menjadi 3376 4.

CATATAN
1. Pengalinya tidak harus selalu 5, 3, 2, 1. Boleh saja kita memilih pengali yang lain, misalnya 11,7,5,3. Yang jelas, pengali yang kita pilih mesti dipakai secara konsisten.
2. Pembaginya tidak harus 10 ..... boleh saja kita memakai pembagi angka 9. Hanya saja jika kita menggunakan angka 9, maka modulus yang dihasilkan terbatas 0 hingga 8. Sedangkan jika kita menggunakan angka 10. maka modulus yang dihasilkan mulai dari 0 hingga 9.
3. Check digit tidak harus ditempatkan dibagian akhir dari kode rekening. Boleh saja kita tempatkan cek digit di tengah-tengah. Jika si programmer memmilih cara ini, maka kode rekening Suhartini akan tertulis 33 4 76.

CARA KERJA CHECK DIGIT
Misalkan, petugas koperasi akan merekam setoran si Suhartini. Pada saat mengetikkan kode rekening Suhartini, petugas salah ketik. Bukannya terketik  3376 4 tetapi terketik 3377 4.

Pada saat petugas menginptukan 3377 4, aplikasi akan langsung mengecek kebenaran kode seri tersebut dengan menggunakan algoritma check digit.

1. Aplikasi akan menghitung 3 x 5 + 3 x 3 + 7 x 2 + 7 x 1 sehingga didapatkan angka 45.
2. Angka 45 akan dibagi 10 sehingga didapat modulus 5.
3. Aplikasi akan membandingkan 5 tersebut dengan check digit yang diinput petugas (4). Karena hasil hitungan aplikasi berbeda dengan inputan petugas, maka aplikasi akan tahu bahwa petugas salah ketik.
4. Aplikasi akan menampilkan pesan kesalahan "Mohon dicek ulang kode rekening yang anda inputkan."





No comments: