Friday, December 28, 2012

Dokumen dalam Siklus Produksi

Bill of Material. Bill of Material atau sering juga disebut BOM merupakan satu dokumen yang memuat informasi mengenai bahan baku (material) apa saja yang diperlukan untuk membuat satu produk tertentu. Dokumen ini juga memuat informasi mengenai jumlah setiap jenis bahan baku tersebut. Jadi, dokumen ini berisi formula standar untuk membuat satu produk tertentu.


Route Sheet. Route Sheet merupakan satu dokumen yang memuat informasi mengenai tahapan apa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan satu batch tertentu. Tahapan apa ini memuat detail mesin yang harus digunakan dan berapa lama mesin tersebut mesti dioperasikan.



Job Ticket. Job Ticket merupakan satu dokumen yang berfungsi untuk merekam berapa jam yang dibutuhkan seorang karyawan untuk menyelesaikan satu pekerjaan tertentu. Misalkan CV Kriya Selaras yang bergerak dalam pembuatan mebel pesanan  menggunakan job ticket. Misalkan lagi, salah satu tukang pelitur CV Kriya Selaras adalah Bapak Suyadi. Berikut informasi yang akan termuat dalam sebuah job ticket.

Pada hari Jumat, tanggal 28 Desember 2012, dari jam 08.00 hingga 12.00, Bapak Suyadi memplitur sebuah meja polos ukuran 80 cm x 80 cm.

Job Ticket ini berguna untuk menghitung upah Bapak Suyadi (dan karyawan lain) serta menghitung ongkos pembuatan (atau istilah akuntansinya harga pokok penjualan atau kos penjualan) setiap mebel.

Rencana (Jadwal) Produksi. Rencana atau jadwal produksi dibuat dengan mengacu pada rencana penjualan dari departemen penjualan atau pemasaran. Rencana produksi  memuat lebih dari sekadar apa yang dibuat dan berapa banyak. Rencana produksi dapat dibuat detail hingga mesin mana harus mengerjakan apa pada tanggal berapa. Rencana yang detail berguna untuk memastikan tidak ada karyawan dan mesin yang menganggur ...............

Move Ticket. Move ticket (Mutasi Barang dalam Proses) merupakan satu dokumen yang berfungsi untuk merekam perpindahan barang dalam proses dari satu sub departemen produksi ke sub departemen produksi yang lain.


Work Order. Work order atau surat perintah kerja berfungsi sebagai perintah bagi lantai produksi untuk mulai memproduksi barang tertentu.


No comments: