Wednesday, November 9, 2011

Tabel dalam Database Siklus Penjualan

Tabel-tabel dalam databse untuk siklus penjualan (dalam perusahaan dagang yang menjual barang secara kredit) adalah sebagai berikut.
  1. Tabel Persediaan 
  2. Tabel Kas (tabel Kas diperlukan jika perusahaan menerima ragam pembayaran, seperti tunai, debet bca, kartu kredit, dan transfer bank)
  3. Tabel Konsumen
  4. Tabel Salesman
  5. Tabel Karyawan
  6. Tabel Pesanan Konsumen
  7. Tabel Penjualan
  8. Tabel Penerimaan Kas
  9. Tabel Detil Pesanan Konsumen
  10. Tabel Detil Penjualan
  11. Tabel Detil Penerimaan Kas
Kebutuhan tabel antar perusahaan bisa berbeda-beda tergantung kebijakan bisnis dan karakteristik usaha suatu perusahaan. Hubungan antara tabel Penjualan (7) dan Tabel Penerimaan Kas (11) bisa one to one, one to many, many to one, atau bahkan many to many. Lihat artikel penulis tentang Relationship antar Entitas. Demikian juga, hubungan antara Tabel Pesanan Konsumen dengan Tabel Penjualan bisa beragam.

Sebagai contoh, ada perusahaan yang menetapkan bahwa satu pesanan akan dilayani hanya dengan satu penjualan. Jadi, andai ada konsumen memesan 100 unit kursi dan ternyata di gudang hanya ada 60 unit kursi,  maka perusahaan hanya akan mengirim 60 unit kursi. Tidak ada usaha bagi perusahaan untuk mencari 40 unit kursi dan dikirimkan kembali agar pesanan 100 unit terpenuhi. Jika pembeli memang masih berminat dengan 40 kursi, maka pembeli akan kembali mengirimkan pesanan dan siklus penjualan akan dimulai dari awal lagi. Dalam kasus ini, relationship tabel pesanan dan tabel penjualan adalah one to one.

Berbeda dengan perusahaan yang berkomitmen melayani back order. Jika ada konsumen yang memesan 100 unit kursi. Sementara dii gudang hanya tinggal 60 unit kursi, maka perusahaan akan mengirimkan 60 unit kursi tersebut. SEtelah perusahaan mendpat kiriman dari pabrik, maka perusahaan akan segera mengirimkan 40 unit kursi tambahan, tanpa kosumen perlu memproses order dari awal lagi. Dalam kasus kedua ini, relationship antara tabel pesanan dan tabel penjualan adalah one to many.


No comments: